RPP Mapel Seni Budaya Seni Rupa Kelas 8 semester 2
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP
1)
Sekolah : SMP Negeri 3 Pattallassang
Mata Pelajaran :
Seni Budaya (Seni Rupa)
Kelas / Semester :
VIII/2
Materi Pokok :
Menggambar Poster
Alokasi Waktu :
3 Pertemuan (9 JP)
|
A. Kompetensi Inti
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya. (indirect
teaching)
2.
Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi
secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga,
sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, Negara, dan kawasan
regional. (indirect
teaching)
3. Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya 3terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar
Dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.3 memahami prosedur menggambar poster
dengan berbagai teknik
|
3.3.1
Menjerlaskan Pengertian Poster
3.3.2
Menyebutkan Tujuan poster
Membedakan
3.3.4
Mengidentifikasi
3.3.5
Menguraikan tehnik menggambar
Poster,
3.3.6
Menguraikan alat dan media
menggambar Poster,
|
4.3 membuat poster dengan berbagai bahan dan
teknik
|
4.3.1 dengan berbagai bahan dan teknik
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran
peserta didik diharapkan dapat:
3.3.1
Menjerlaskan Pengertian Poster
3.3.2 Menyebutkan Tujuan poster
3.3.3 Menyebutkan
3.3.4 Mengidentifikasi
Pertemuan
ke dua
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran
peserta didik diharapkan dapat:
3.3.5 Menguraikan tehnik menggambar Poster,
3.3.6 Menguraikan alat dan media menggambar Poster,
Pertemuan
ke tiga
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran
peserta didik diharapkan dapat:
4.3.1 Membuat gambar Poster, sesuai tema yang telah
disepakati..
Fokus penguatan karakter pada
nilai-nilai sikap : disiplin, percaya diri dan tanggung jawab
D.
Materi Pembelajaran
1. Materi Pembelajaran Reguler
§ Pertemuan Pertama
b. Tujuan poster
Pertemuan Kedua
a. tehnik
menggambar Poster,
alat dan media Menggambar Poster
c. Langkah- Langkah:
§ Pertemuan Ketiga
Praktek Menggambar Poster
2.
Materi Pembelajaran Pengayaan
•
Teknik dan prosedur
menggambar Poster yang ada dilingkungan sekolah
•
Membuat makalah cara dan teknik
menggambar Poster
3. Materi Pembelajaran Remedial
• Prinsip, teknik dan prosedur
menggambar Poster dengan berbagai bahan yang
ada dilingkungan sekolah
• Menyelesaikan Tugas Test Formatif yang belum
tuntas
E.
Metode Pembelajaran
Pembelajaran dengan metode/model Discovery Learning
F.
Media,
bahan dan Alat
Media :
a.
Video: menggambar poster
b.
Video tutorial menggambar
c.
Gambar: dokumentasi lomba poster FLS2N
d.
Lembar kerja peserta didik
e.
Realia: lingkungan sekitar
Bahan :
a. kertas
gambar A3,
b. pensil
2B,
c. penghapus,
d. pewarna
Cat poster,
e. oil
Pastel/Crayon
f. spidol
Alat :
a. penggaris,
b. Kwas,
c. Palet,
d. Kain
lap
G.
Sumber
Belajar
- Informasi dan materi melalui internet dan lingkungan
- Gambar dan foto-foto gambar poster Lngkungan sekitar
- Audio Visual menggambar Poster
- Foto/Dokumentasi Sitti Suryani tahun 2015 , Doc. FLS2N Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Lomba Lukis dan lomba menggambar Poster Tingkat SMP.
H.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama: 3 JP
Langkah
Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan Pada kegiatan pendahuluan ini peserta didik dikondisikan melakukan kegiatan PPK berbasis budaya
sekolah dan diharapkan mengandung kegiatan multi-literasi.
|
1.
Guru bersama Peserta didik membuka
pelajaran dengan memberi salam dan berdo’a,
2.
Guru dan Peserta didik menyiapkan kondisi psikis dan fisik untuk siap belajar dengan Menyanyi bersama lagu Nasional Indonesia Raya
Deteksi
Dini
· Guru
Mengecek Kehadiran Peserta didik untuk mengkondisikan suasana yang
menyenangkan.
· Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu Menggambar Flora
fauna dan alam benda
· Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, dan
menunjukkan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari,
· Mengecek
Pemahaman Peserta didik tentang materi yang akan dipelajari “Menggambar Poster”
· Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan
yang akan dilakukan,
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
· Guru menyampaikan metode pembelajaran Discovery Learning,
lingkup penilaian (penilaian secara individu dan kelompok) dan teknik
penilaian yang akan digunakan, yaitu tes tulis dan tes kinerja.
3.
Guru menggali
pengetahuan awal dan pengalaman peserta didik dalam
menggambar dengan tanya jawab tentang contoh karya menggambar Poster,
4.
Peserta didik
menyimak informasi
guru menyampaikan cakupan materi pembelajaran untuk pertemuan pertama,
|
12
menit
|
Kegiatan
Inti Merah :
PPK
Biru: Literasi
Kuning: 4C
|
Langkah 1
: Stimulation (stimulasi/pemberian rangsangan)
-
Guru menayangkan /
memperlihatkan gambar Poster, melalui vidio dan gambar
-
Setelah peserta didik mengamati gambar contoh, peserta didik diberikan lembar kerja sesuai dengan media yang diamati peserta
didik. Lembar kerja dapat disesuaikan dengan
situasi lingkungan daerah setempat.
-
Pada saat pengamatan, guru dapat
memberi motivasi sehingga timbul rasa keingintahuan Peserta didik,
-
Guru membagikan lembar observasi pengamatan (LKPD) vidio/gambar
-
Peserta didik
mencermati sajian yang dilihat lewat contoh menggambar
Poster melalui vidio dan gambar dengan
cermat dan mengisi lembar pengamatannya (LKPD),
|
90
Menit
|
Langkah 2 : Problem statement
(pernyataan/ identifikasi masalah)
-
Guru memotivasi peserta didik
untuk bertanya dan meminta komentar
tentang gambar yang diamatinya
-
Peserta didik menanyakan cara
menggambar Poster
|
||
Langkah 3 :
Data collection (Pengumpulan Data)
-
Peserta didik
dimotivasi dan difasilitasi untuk mengumpulkan informasi
tentang konsep dan prosedur menggambar Poster yang ada dilingkungan sekolah dengan budaya setempat
-
Guru mendampingi pesrta didik
|
||
Langkah 4 :
Data Processing (Pengolahan Data)
-
Guru mermotifasi dan
memfasilitasi untuk mengolah data
-
Peserta didik
menunjukkan makna yang terkandung pada menggambar Poster yang ada dilingkungan sekolah
-
Peserta didik membandingkan konsep dan prosedur menggambar Poster yang berkembang
sesuai dengan kehidupan sosial budaya di masyarakat
-
(Mengumpulkan
beberapa menggambar Poster dari media Koran atau majalah atau yang dapat
lewat media internet dan media
yang ada dilingkungan sekolah)
Langkah 5 : Verification (Pembuktian)
- Peserta
didik menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
menggambar Poster yang ada dilingkungan
sekolah
-
Peserta didik
mempersentasikan secara lisan atau tulisan mengenai
karya gambar poster yang telah dikerjakan di depan kelas
- Guru mengajak peserta didik untuk
menghargai dan memberikan motivasi dan balikan
|
||
Kegiatan
Penutup : Refleksi & Penugasan
Kegiatan penutup ini mengandung PPK berbasis sekolah dan kegiatan literasi.
|
Kegiatan guru bersama peserta
didik yaitu:
-
Guru memfasilitasi Peserta didik membuat
butir-butir simpulan mengenai menggambar poster
-
Guru bersama-sama
peserta
didik melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran
-
Guru guru memberi umpan balik
peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran
-
Peserta didik
menyimak guru menyampaikan kegiatan belajar yang
dikerjakan yaitu memberi tugas menyiapkan desain/gambar poster yang akan
dibuat pada pertemuan selanjutnya.
-
Peserta didik
menyimak guru memberitahukan
kegiatan belajar yang akan dikerjakan pada pertemuan berikutnya, yaitu menggambar
poster
-
Penguatan
Nilai-nilai karakter Bangsa (Menyanyikan lagu Nasional/lagu daerah Nusantara.
-
Peserta didik melakukan
salam sesuai budaya sekolah mengucapkan terima kasih.
|
18 menit
|
2. Pertemuan
Kedua: 3 JP
Discovery
Learning
Langkah
Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
Pada kegiatan pendahuluan ini peserta didik dikondisikan melakukan
kegiatan PPK berbasis budaya sekolah dan diharapkan mengandung kegiatan
multi-literasi.
|
1. Guru bersama Peserta didik membuka pelajaran dengan memberi salam dan berdo’a,
2.
Guru dan Peserta didik menyiapkan kondisi psikis dan fisik untuk siap belajar dengan Menyanyi bersama lagu Nasional Indonesia Raya
Deteksi
Dini
3.
Guru mengecek
kehadiran dan perlengkapan belajar peserta didik
4.
Guru Mengecek Penyelesaian
Tugas Pertemuan Sebelumnya;
5.
Guru Mengecek Pengetahuan Prasarat Peserta didik
6.
Guru Mengecek Pemahaman Peserta didik tentang materi yang akan dipelajari
7. Mengecek
Pemahaman perlengkapan praktek
8. Guru
menggali pengetahuan awal dan pengalaman peserta didik dalam menggambar
Poster,
9. Guru
menyampaikan langkah-langkah pembelajaran.
10. Pemaparan
indikator pencapaian dan tujuan pembelajaran :
|
12
menit
|
Kegiatan Inti
Merah : PPK
Biru: Literasi
Kuning: 4C
|
Langkah 1 : Stimulation
(stimulasi/pemberian rangsangan)
-
Guru menayangkan /
memperlihatkan contoh-contoh gambar Poster dan beberapa teknik
menggambar poster.
-
Peserta didik menanyakan
beberapa
teknik menggambar poster dan teknik menentukan
tema pada gambar yang ada dilingkunganm sekitar
|
90
Menit
|
Langkah 2 : Problem
statement (pernyataan/ identifikasi
masalah)
-
Guru memotivasi peserta didik
untuk menggambar Poster
|
||
Langkah 3 :
Data collection (Pengumpulan Data)
-
Peserta didik dimotivasi dan
difasilitasi untuk mencoba menggambar poster berdasarkan prosedur langkah-langkah menggambar Poster dengan tema
lingkungan sekolah dan
budaya setempat
|
||
Langkah 4 :
Data Processing (Pengolahan Data)
-
Guru memfasilitasi untuk mencoba beberapa gambar poster Sanitasi
-
Peserta didik menunjukkan makna
yang terkandung pada gambar Poster Sanitasi yang dibuatnya.
-
Peserta didik membandingkan
gambar posternya dengan gambar Poster
yang ada.
Langkah
5 : Verification
(Pembuktian)
- Peserta didik menunjukkan hasil
gambar Poster Sanitasi yang dibuatnya dengan percaya diri
- Peserta
didik mempresentasikan secara lisan makna gambar poster sanitasi yang telah
dihasilkan
- Guru
memfasilitasi peserta didik untuk melanjutkan gambar posternya di rumah dan
praktek mewarnai poster dilanjutkan pada pertemuan berikutnya.
|
||
Kegiatan
Penutup : Refleksi & Penugasan
Kegiatan penutup ini mengandung PPK berbasis sekolah dan kegiatan literasi.
|
Kegiatan guru bersama peserta didik yaitu:
§ Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan
mengenai gambar poster dan melakukan refleksi kegiatan pembelajaran
§ Guru bersama dengan
peserta didik
mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan
pembelajaran
§ Guru memfasilitasi peserta
didik menguraikan manfaat pembelajaran yang baru diselesaikan melakukan
penilaian;
§ menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya untuk praktek mewarnai
gambar poster.
§ Peserta didik menyimak guru menyampaikan rencana kegiatan pembelajaran untuk
pertemuan berikutnya.
§ Guru memfasilitasi peserta
didik untuk bersama-sama Menyanyikan lagu Nasional/lagu daerah Nusantara (Penguatan Nilai-nilai karakter Bangsa).
§ Peserta didik melakukan salam sesuai budaya sekolah
|
18 menit
|
3. Pertemuan
Ke tiga: 3 JP
Langkah
Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
Pada kegiatan pendahuluan ini peserta didik dikondisikan melakukan
kegiatan PPK berbasis budaya sekolah dan diharapkan mengandung kegiatan multi-literasi.
|
-
Guru bersama Peserta didik membuka
pelajaran dengan memberi salam dan berdo’a,
-
Guru dan Peserta didik menyiapkan kondisi psikis dan fisik untuk siap belajar dengan Menyanyi bersama lagu Nasional Indonesia Raya
Deteksi Dini
-
Guru mengecek
kehadiran dan perlengkapan belajar peserta didik
-
Guru Mengecek Penyelesaian
Tugas Pertemuan Sebelumnya;
-
Guru Mengecek Pengetahuan Prasarat Peserta didik
-
Guru Mengecek Kesiapan
alat/bahan praktek
-
Guru memberikan
motivasi dengan cara meyakinkan
diri/peserta didik dapat
membuat karya gambar poster dengan beragam media
dan teknik.
-
Guru mempersiapkan peserta didik
dalam kegiatan memprresentasekan hasil karya/tugasnya didepan kelasGuru
menggali pengalaman peserta didik dalam menggambar Poster,
|
12
menit
|
Kegiatan Inti
|
Langkah 1
: Stimulation (stimulasi/pemberian rangsangan)
-
Guru membagi peserta didik menjadi 4(empat) kelompok. Pembagian kelompok ditentukan dengan
memperhatikan jumlah peserta didik serta tingkat keaktifan peserta didik
dalam proses pembelajaran.
-
Masing-masing
kelompok membuat komitmen untuk bekerja sama
yang diwujudkan dalam bentuk berbagi tugas yang seimbang antar
peserta didik.
-
Setiap kelompok
memperlihatkan kedisiplinan dan kejujuran
selama proses pembelajaran berlangsung.
-
Guru memperlihatkan cara
mewarnai gambar Poster,
|
90
Menit
|
Langkah 2
: Problem statement (pernyataan/
identifikasi masalah)
-
Guru memotivasi peserta didik
untuk menggambar Poster dengan menggunakan pewarna oil pastel, spidol dan
pensil ewarna
|
||
Langkah 3 :
Data collection (Pengumpulan Data)
-
Peserta didik dimotivasi dan
difasilitasi untuk mengumpulkan informasi tentang prosedur langkah-langkah
menggambar Poster dengan tema lingkungan
sekolah dan budaya setempat
|
||
Langkah 4 :
Data Processing (Pengolahan Data)
-
Peserta didik mencoba menggambar
poster dengan menggunakan oil
pastel/pensil warna dan spidol
-
Peserta didik menunjukkan makna
yang terkandung pada gambar Poster yang
dibuatnya.
Langkah 5 : Verification (Pembuktian)
- Peserta didik menunjukkan hasil
gambar Poster yang dibuatnya dengan percaya diri
- Peserta
didik mempresentasikan secara lisan makna gambar poster yang telah dihasilkan
- Guru
memfasilitasi persentase peserta didik dan memberikan motivasi dan balikan
- Guru mengajak peserta didik untuk
menghargai hasil karya gambar poster temannya
|
||
Kegiatan
Penutup
|
Kegiatan
guru bersama peserta didik yaitu:
§ membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
§ melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan; dan
§ memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran;
Kegiatan
guru yaitu:
§ melakukan penilaian;
§ merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar
peserta didik; dan
§ menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
§
Penguatan
Nilai-nilai karakter Bangsa (Menyanyikan lagu Nasional/lagu daerah Nusantara.
§ Peserta didik melakukan salam sesuai budaya
sekolah mengucapkan terima kasih.
|
18 menit
|
I.
Penilaian Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.
Teknik penilaian
a.
Penilaian Sikap
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Butir
Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Ket
|
Observasi
|
Jurnal
|
Lihat Lampiran ...
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk dan pencapaian
pembelajaran (assessment for and of learning)
|
Catatan: Jurnal dipergunakan
untuk mencatat perilaku luar biasa (positif atau negative) peserta didik Penilaian
Pengetahuan (Test Tertulis/Uraian Test)
b. Pengetahuan : Tes Tertulis
(uraian)
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Butir Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Lisan
|
Pertanyaan
(lisan) dengan jawaban terbuka
|
Jelaskan pengertian Menggambar
poster!
|
Saat
pembelajaran berlangsung
|
Penilaian
untuk pembelajaran (assessment for learning)
|
2
|
Penugasan
|
Pertanyaan
dan/atau tugas tertulis berbentuk esei, pilihan ganda, benar-salah,
menjodohkan, isian, dan/atau lainnya
|
Bedakan jenis-jenis poster yang ada
di lingkunganmu!
|
Saat
pembelajaran berlangsung
|
Penilaian
untuk pembelajaran (assessment for learning) dan sebagai pembelajaran
(assessment as learning)
|
3
|
Tertulis
|
Pertanyaan
dan/atau tugas tertulis berbentuk esei, pilihan ganda, benar-salah,
menjodoh-kan, isian, dan/atau lainnya
|
Jelaskan langkah-langkah menggambar
poster!
|
Setelah
pembelajaran usai
|
Penilaian
pencapaian pembelajaran (assessment of learning)
|
c. Penilaian
Keterampilan
Teknik
|
Bentuk
instrumen
|
Contoh Butir
instrumen
|
Waktu
|
Ket
|
Proyek
|
Tugas besar
|
Mempresentasikan
hasil gambar poster secara berkelompok.
|
Selama atau
usai pembelajaran berlangsung
|
Penilaian
pencapaian pembelajaran (assessment of learning)
|
Portofolio
|
Sampel produk
terbaik dari tugas atau proyek
|
Membuat
laporan proyek tentang menggambar poster
|
Saat
pembelajaran usai
|
Penilaian
untuk pembelajaran dan sebagai data untuk penulisan deskripsi pencapaian
keterampilan
|
2. Instrumen Penilaian dan pedoman penskoran
(terlampir)
3.
Pembelajaran Remedial
a. Berdasarkan
hasil analisis penilaian bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan
belajar diberikan kegiatan pembelajaran dengan bentuk remedial yaitu:
b. Pembelajaran
ulang, jika 50% atau lebih peserta didik belum mencapai ketuntasan
c. Pemanfaatan
tutor sebaya, jika 11-49% peserta didik belum mencapai ketuntasan
d. Bimbingan
perorangan, jika 1-10% peserta didik belum mencapai ketuntasan
4.
Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, bagi peserta
didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberikan kegiatan pembelajaran
dengan brntuk pengayaan Materi tambahan yang sesuai dengan materi yang
diajarkan yaitu dengan meringkas buku-buku reverensi lain tentang mengambar poster:
Menggambar dan mewarnai Poster yang ada dilingkungan sekolah dengan
budaya setempat
Keterangan:
Perolehan Nilai
Interval Nilai
|
Predikat
|
Keterangan
|
> 92-100
|
A
|
Sangat baik
|
> 83-92
|
B
|
Baik
|
≥ 75-83
|
C
|
Cukup
|
< 75
|
D
|
kurang
|
Keterangan:
Nilai Peserta Didik
tiap nomor =
x bobot
soal
Program Tindak Lanjut
1. Peserta
didik yang memperoleh nilai KD < KKM mengikuti remedial.
2. Peserta
didik yang memperoleh nilai KD ≥ KKM lanjut ke KD berikutnya melalui kegiatan
pembelajaran individual (Individual
Learning)
Mengetahui,
Kepala
SMPN 3 Pattallassang
Drs. La Sahidu
NIP 19601231 198301 1 031
|
Pattallassang,
07 Januari 2019
Guru
Mapel Seni Budaya
Sitti Suryani, S.Pd.,
M.Pd.
NIP
19740721 200901 2 002
|
Lampiran
Penilaian
Sikap
Rubrik Penilaian Jurnal
Nama Sekolah :
SMP Negeri …………………..
Mata Pelajaran : Seni Budaya (Senmi Rupa)
Kelas/Semester : VIII/2
Tahun
Pelajaran : 2018/2019
No
|
Tanggal
|
Nama
Peserta Didik
|
Catatan Prilaku
|
Butir Sikap
|
Tanda Tangan
|
Tindak Lanjut
|
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
6
|
||||||
7
|
||||||
8
|
||||||
9
|
||||||
10
|
||||||
11
|
||||||
12
|
*)
Keterangan Bisa Berupa Tindak Lanjut Dan/Atau Perkembangan Sikap Peserta
Didik Setelah Dilakukan Pembinaan.
Perilaku
Peserta Didik Yang Dicatat Di Dalam Jurnal Pada Dasarnya Adalah Perilaku Yang
Sangat Baik Dan/Atau Kurang Baik Yang Berkaitan Dengan Indikator Dari Sikap
Spiritual Dan Sikap Sosial. Setiap Catatan Memuat Deskripsi Perilaku Yang
Dilengkapi Dengan Waktu Dan Tempat Teramatinya Perilaku Tersebut. Bagi Guru
Mata Pelajaran 1 (Satu) Jurnal Digunakan Untuk Setiap Kelas Yang Diajarnya. Pada Akhir Semester Guru
Mata Pelajaran Dan Guru Bk Meringkas Perkembangan Sikap Spiritual Dan Sikap
Sosial Setiap Peserta Didik Dan Menyerahkan Ringkasan Tersebut Kepada Wali
Kelas Untuk Diolah Lebih Lanjut Ke Dalam Nilai Rapor
Penilaian
Sikap
Rubrik Penilaian Jurnal
Sikap Spiritual & Sosial Oleh Pendidik
Nama Sekolah : SMP Negeri
…………………..
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas/Semester : VIII/2
Tahun
Pelajaran : 2018/2019
No
|
Tanggal
|
Nama
Peserta Didik
|
Catatan Prilaku
|
Butir Sikap
|
Tanda tangan
|
Tindak Lanjut
|
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
6
|
||||||
7
|
||||||
8
|
||||||
9
|
||||||
10
|
||||||
11
|
||||||
12
|
Keterangan bisa berupa tindak
lanjut dan/atau perkembangan sikap peserta didik setelah dilakukan pembinaan.
Catatan:
C.
Fokus penguatan karakter disiplin dan bertanggung jawab.
D. Jurnal dipergunakan untuk mencatat
perilaku luar biasa (positif atau negatif) peserta didik.
Penilaian
Pengetahuan
a.
Tes
Tertulis Observasi Pengamatan
Nama :
Kelas :
Mata Pelajaran
: Seni Budaya (Seni Rupa)
Soal
: Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan singkat !
Amati gambar
Poster berikut dengan saksama!
2.
Apa manfaat yang
kamu dapat dari mengamati gambar Poster tersebut ?
3. Jelaskan
tujuaan menggambar Poster !
4. Tuliskan
alat dan bahan yang digunakan menggambar poster diatas!
Kunci Jawaban :
1. Tema
Gambar
1)
Bersihkan Bumi dari sampah
2)
Bersihkan bumi dan raih hasilnya
3)
Selamatkan bumi kita dari sampah
2. Manfaat
yang dapat diperoleh adalah dapat mensyukur nikmat dan ciptaan Tuhan yang
beraneka ragam dan bumi kita ini perlu dijaga dan dilindungi dengan selalu
menjaga kebersihan, buang sampah pada tempatnya dan mengolah sampah(daur ulang
sampah) maka bumi kita akan bersih dan kita dapat meraih hasilnya. Karena daur
ulang sampah bisa menjadi pupuk organik dan sampah bisa menghasilkan uang.
3. Tujuan poster adalah
menginformasikan kepada pembaca tentang sebuah informasi yang dikemas dengan
kata-kata lebih singkat, padat, jelas dan menarik. Manfaat poster adalah agar
para pembaca lebih mengerti apa yang ingin di ungkapkan sang penulis poster
dengan menggunakan kata-kata yang lebih singkat dan sederhana.
4. Alat
dan bahan yang digunakan menggambar poster diatas:
Alat :
§ Kwas
§ Palet
§ Pengerok
§ Penggaris
§ Jangka
Bahan:
§ Oil
Pastel
§ Cat
Poster
§ Spidol
§ Pensil
warna
§ Kertas
gambar
Teknik penilaian : rentang nilai 10 – 100
Setiap
nomor skornya 25
Petunjuk
penyekoran:
N = Skor
Perolehan x 100
Skor
Maksimal
b. Tes Tertulis Ph.1.
Penilaian
pengetahuan dilakukan dengan memberikan nilai benar pada jawaban dari
pertanyaan yang diberikan secara lisan, tertulis, atau penugasan. Adapun format
dari rubric penilaian pengetahuan telah disampaikan di petunjuk umum buku guru.
Satuan
Pendidikan : SMP…..
Mata
Pelajaran : Seni Budaya
Kelas/Semester
: VIII/2
Bentuk
Soal : Uraian Test
Uraian
Test
1.
Jelaskan pengertian Poster secara Umum!
2.
Tuliskan
pengertian poster menurut wikipedia!
Tuliskan
Tuliskan
5.
Tuliskan hal-hal
yang perlu diperhatikan dalam membuat poster!
6.
Tuliskan Tujuan dibuatnya sebuah poster
!
7.
Tuliskan Jenis
poster berdasarkan isinya!
8.
Tuliskan
langkah-langkah dalam menggambar Poster!
9.
Tuliskan Jenis Poster berdasarkan
tujuannya!
10. Tuliskan Aspek yang dinilai dalam
menggambar Poster!
Pedoman Penyekoran Soal Essay
NO
|
Butir soal
|
Kunci
|
Skor
|
1
|
Jelaskan
pengertian Poster secara umum!
|
§
|
3
|
2
|
Tuliskan
pengertian poster menurut wikipedia!
|
||
3
|
Tuliskan
|
f.
|
3
|
4
|
Tuliskan
|
syarat
sebuah poster:
a.
Poster wajib mempergunakan bahsa yang mudah
dipahami.
b.
Susunan kalimat poster harus singkat, padat,
jelas, tetapi berisi.
c.
Poster sebaiknya dikombinasikan dengan bentuk
gambar.
d.
Poster harus mampu menarik minat khalayak.
e.
Media poster harus mempergunakan bahan yang tidak
mudah rusak atau sobek.
f.
Ukuran poster sebaiknya disesuaikan dengan tempat
atau lahan pemasangan serta target pembaca.
|
10
|
5
|
Tuliskan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam
membuat poster!
|
hal-hal
yang perlu diperhatikan dalam membuat poster adalah:
a.
Gambar dibuat mencolok dan sesuai dengan ide yang
akan dikomunikasikan.
b.
Kata-kata yang digunakan dalam poster harus
efektif, sugestif, serta mudah diingat.
c.
Jenis font sebaiknya adalah jenis yang mudah
dibaca dan dengan size yang besar.
|
6
|
6
|
Tuliskan
Tujuan dibuatnya sebuah poster !
|
§
Secara umum tujuan dan maksud dibuatnya poster
adalah sebagai media publikasi agar masyarakat bisa membacanya dan melakukan
sesuatu sesuai dengan apa yang ada dalam poster tersebut.
§
Tujuan khusus maksud dan tujuan dibuatnya poster
tergantung dengan apa yang diinginkan pembuat, bisa untuk tujuan komersil,
mencari simpati publik, mencari perhatian masyarakat, dan lain sebagainya.
|
10
|
7
|
Tuliskan Jenis poster
berdasarkan isinya!
|
Jenis
poster berdasarkan isinya:
1. Poster
Niaga adalah poster yang dibuat untuk media komunikasi dalam urusan
perniagaan untuk menawarkan suatu barang, atau jasa
2. Poster
Kegiatan adalah poster yang berisi suatu kegiatan, seperti kegiatan jalan
sehat, senam,dll.
3.
Poster
Pendidikan adalah poster yang bertujuan untuk mendidik.
4. Poster
Layanan Masyarakat adalah poster untuk pelayanan kesehatan yang berhubungan
dengan kesejahteraan masyarakat.
|
6
|
8
|
Tuliskan langkah-langkah dalam menggambar Poster!
|
Article I. langkah-langkah pembuatan poster :
1.
Menentukan
tema poster. Tema yang akan dipilih dapat tentang Lingkungan, Anti Narkoba,
Anti Merokok, Akibat pergaulan bebas dan pendidikan.
2.
Temukan
suatu masalah pada salah tamu tema tersebut. Rumuskan pemecahan masalah dalam
bentuk kalimat pendek sehingga menjadi
kalimat yang singkat, padat dan jelas.
3.
Buat
skets poster pada kertas lain secara kasar sampai ditemukan komposisi yang
pas di hati.
4.
Mulailah
menggambar pada kertas A3 berdasar skets yang sudah dibuat. Perhatian khusus
pada huruf hurufnya, sebisa mungkin menggunakan bentuk huruf yang ajeg.
5.
Berilah
warna agar poster menjadi menarik. Jangan lupa pemilihan warna pada tulisan
agar tulisan mudah terbaca.
6. Kerjakan dengan teliti, jangan tergesa gesa
|
10
|
9
|
Jenis Poster berdasarkan tujuannya
|
1. Poster
Propaganda adalah poster yang memilik tujuan untuk mengembalikan semangat
pembaca atas perjuangan atau usaha seseorang dalam melakukan hal yang
bermanfaat bagi kehidupan.
2. Poster
Layanan Masyarakat adalah poster untuk pelayanan kesehatan yang berhubungan
dengan kesejahteraan masyarakat.
3. Poster
Kampanye adalah poster yang bertujuan untuk mencari simpati dari masyarakat
pada saat dilakukannya pemilihan umum.
4. Poster
'Dicari' atau "Wanted“ adalah poster yang bertujuan yang memuat orang
hilang atau suatu perusahaan yang membutuhkan pekerja
5. Poster
"Cheescake“adalah poster yang bertujuan untuk menarik perhatian publik,
seperti bintang rock, artis, penyanyi, dll
6. Poster
Film adalah poster yang dibuat dengan tujuan untuk mempopulerkan suatu film
yang diproduksi dalam industri perfilman.
7. Poster
Komik adalah poster yang digunakan untuk mempopulerkan buku-buku komik
8. Poster
Afirmasi adalah poster untuk memotivasi pembacanya, biasanya tentang
kepemimpinan, dll.
9. Poster
Riset adalah poster untuk mempromosikan berbagai kegiatan riset
10. Poster
Kelas adalah poster yang berada didalam kelas
11. Poster
Komersial adalah poster yang hampir sama dengan Poster Niaga yaitu yang
bertujuan untuk mempromosikan sesuatu
|
|
10
|
Tuliskan Aspek yang dinilai dalam
menggambar Poster!
|
Aspek yang dinilai :
1.
Bentuk
Penampilan Tulisan, antara lain Bentuk huruf, Komposisi Huruf
2. Unsur Gambar meliputi bentuk ( komposisi ,
keseimbangan) dan komposisi warna.
3. Kreatifitas . ( Kesungguhan Goresan ,
originalitas
|
6
|
100
|
Petunjuk
penyekoran:
N = Skor
Perolehan x 100
Skor
Maksimal
Nama anggota :
......................................................................
Gambar yang diamati :
.....................................................................
Hari/tanggal pengamatan :
......................................................................
Tugas
1. Cermatilah
contoh gambar pada lembar Pengamatan dan berikan pendapatmu.
2. Amatilah
gambar Poster,tersebut !
3. Isilah
kolom di bawah ini
No.
Gambar
|
Tema
dan Tujuan Gambar Poster
|
1
|
|
2
|
|
3
|
|
4
|
|
5
|
|
6
|
|
7
|
|
8
|
|
9
|
Petunjuk
penyekoran:
N = Skor Perolehan x 100
Skor Maksimal
Format
Diskusi Hasil Pengamatan Poster
Satuan Pendidikan :
......................................................................
Nama anggota :
......................................................................
......................................................................
......................................................................
......................................................................
Kelas/Semester : VIII/2
Gambar yang diamati : .....................................................................
Hari/tanggal pengamatan :
......................................................................
No
|
Aspek
yang Diamati
|
Uraian
Hasil Pengamatan
|
1
|
Jenis
Poster
|
|
2
|
Tujuan
Gambar Poster
|
|
3
|
Tema
Poster
|
Petunjuk
penyekoran:
N = Skor Perolehan x 100
Skor Maksimal
Mengetahui,
Kepala
SMPN 3 Pattallassang
Drs. La Sahidu
NIP 19601231 198301 1 031
|
Pattallassang,
07 Januari 2019
Guru
Mapel Seni Budaya
Sitti Suryani, S.Pd.,
M.Pd.
NIP
19740721 200901 2 002
|
0 komentar:
Posting Komentar