Selasa, 22 November 2022

Tugas Calon Guru Penggerak Angkatan 7 M0dul 1.2

 

1.2.a.4.1. Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Modul 1.2

Nilai-Nilai Dan Peran Guru Penggerak


  1. Salah satu Nilai-Nilai Guru Penggerak yang telah membantu saya dalam melayani peserta didik saya yang lebih baik adalah mandiri, menurut saya mandiri adalah kemampuan dalam bertindak tanpa adanya dorongan dari orang lain. saya adalah guru seni budaya, saya membutuhkan media. untuk itu, dengan inisiatif sendiri saya membuat secara mandiri. Upaya yang dilakukan adalah dengan membuat media pembelajaran mandiri dengan merancang pembelajaran dari bahan limbah sekolah misalnya kertas, plastik dan bahan alam. Selain itu, dengan inisiatif sendiri saya membuat video pembelajaran kemudian saya kirimkan kepada siswa melalui grup whatsapp kelas.  kemudian refleksi pada kegiatan pembelajaran untuk mengetahui kekurangan dalam pembelajaran sehingga dapat diperbaiki dalam pembelajaran selanjutnya, Berpihak pada peserta didik melakukan pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik merdeka. Berpihak dalam hal ini adalah memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk dapat menentukan pilihan projek sesuai dengan daya kreatifitasnya, saat ini kami sudah mulai bangkit kembali dan mulai melakukan aktifitas seperti biasa secara perlahan-lahan namun belum semua bisa terlaksana, tapi kedepan kami upayakan agar hal positif yang kami lakukan selama ini dapat kembali berjalan normal seperti biasanya dan menambah lagi  kegiatan yang bisa menumbuhkan kreatifitas inovatif, kolaboratif, reflektif, dan mandiri di sekolah.

  2. 10 kegiatan yang saya anggap masuk dalam contoh penerapan dari peran guru penggerak (pemimpin pembelajaran, pendorong kolaborasi, penggerak komunitas praktisi, mewujudkan kepemimpinan peserta didik, menjadi coach bagi rekan guru)adalah 

  1. pemimpin pembelajaran

    1. membuat rancangan pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik

  2. pendorong kolaborasi

    1. mengajak guru lain untuk ikut berdiskusi terkait dengan P5 yang akan diterapkan di sekolah

  3. mewujudkan kepemimpinan peserta didik

    1. peserta didik  menyiapkan kelas dan memimpin doa sebelum dan sesudah belajar

    2. peserta didik melaksanakan pemungutan sampah sebelum pelajaran dimulai

    3. peserta didik membuat praktek daur ulang dengan kreativitas masing-masing

  4. menjadi contoh bagi rekan guru

    1. membuat perangkat pembelajaran yang berpusat pada peserta didik

    2. membuat media pembelajaran berbasis Google sites

  5. menjadi Coach bagi rekan guru

    1. membimbing rekan guru dalam membuat dan mendesain perangkat pembelajaran

    2. membimbing rekan guru menggunakan aplikasi tertentu seperti google sites, canva dalam membuat media pembelajaran di sekolah


0 komentar:

Posting Komentar