Pengembangan Silabus Mata Pelajaran Seni Budaya Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2018
Silabus SENI RUPA KELAS VIII
Kelas : VIII
Alokasi waktu :
3 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Inti
KI.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya (indirect teaching)
KI.2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi
secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga,
sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, Negara, dan kawasan
regional. (indirect teaching)
KI.3 Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya 3terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4 Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Nilai-Nilai Karakter
|
Sumber Belajar
|
3.1
Memahami unsur, prinsip, teknik dan
prosedur menggambar menggunakan model dengan berbagai bahan
|
· Unsur,
prinsip, teknik dan prosedur menggambar model dengan berbagai bahan
· Pembuatan gambar model dengan berbagai
bahan dan teknik berdasarkan pengamatan
|
·
Mengidentifikasi gambar-gambar yang
menggunakan model
·
Menggambar model dengan memperhatikan
unsur, prinsip, teknik dan media
·
Mendeskripsikan unsur, prinsip dan teknik dalam menggambar model
·
Mempresentasikan karya-karya yang dikerjakan
|
Tugas.
membuat
ringkasan tentang gambar model pada berbagai bahan dan
beragam teknik
|
2 JP
|
religius, disiplin, bertanggung jawab dan gotong royong.
|
·
Buku
Paket Seni Budaya Kelas VIII
·
Buku-buku
lain yang relevan
|
4.1
Menggambar menggunakan
model dengan berbagai bahan dan teknik berdasarkan pengamatan
|
·
Unsur, prinsip,
teknik dan prosedur menggambar model dengan berbagai bahan
·
Pembuatan gambar model dengan berbagai
bahan dan teknik berdasarkan pengamatan
|
·
Mengidentifikasi
gambar-gambar yang menggunakan model
·
Menggambar model
dengan memperhatikan unsur, prinsip, teknik dan media
·
Mendeskripsikan
unsur, prinsip dan teknik dalam
menggambar model
·
Mempresentasikan karya-karya yang dikerjakan
|
Observasi
format
pengamatan skala sikap
Produk
gambar
model pada berbagai bahan dan beragam teknik
|
2 JP
|
religius, disiplin, bertanggung jawab dan gotong royong.
|
·
Informasi
melalui internet
·
Pameran
karya seni Rupa
|
3.2
Memahami
prosedur menggambar illustrasi dengan teknik manual atau digital
4.2
Menggambar
illustrasi dengan teknik manual atau digital
|
·
Gambar
illustrasi dengan teknik manual atau digital
·
Pembuatan gambar illustrasi
dengan teknik manual atau digital
|
·
Mengamati gambar
ilustrasi dengan beragam teknik melalui media cetak dan elektronik
·
Menggambar
ilustrasi dengan teknik manual/digital
·
Membandingkan gambar ilustrasi berdasarkan ide cerita dan teknik
berkaryanya
·
Mempresentasikan
dan menunjukkan hasil gambar ilustrasi dalam bentuk pameran
|
Tugas.
membuat
kritik
seni secara sederhana minimum 200
kata tentang gambar illustrasi dengan teknik manual
atau digital
Observasi
format
pengamatan skala sikap
Produk
gambar illustrasi dengan teknik manual atau
digital
|
4 JP
|
religius, disiplin, bertanggung jawab dan gotong royong.
|
·
Buku
Paket Seni Budaya Kelas VIII
·
Buku-buku
lain yang relevan
·
Informasi
melalui internet
·
Pameran
karya seni Rupa
|
3.3 Memahami
prosedur menggambar poster dengan berbagai teknik
4.3 Menggambar
poster dengan berbagai bahan dan teknik
|
·
Teknik gambar
poster
·
Pembuatan
gambar
poster dengan berbagai bahan dan teknik
|
·
Mengamati dan mendeskripsikan
contoh-contoh gambar poster
·
Mendiskusikan dan bereksperimen
dengan beragam teknik dan media menggambar poster
·
Menggambar poster dengan berbagai
teknik
·
Mengungkapkan kembali prosedur dan
fungsi gambar poster
·
Mempresentasikan
gambar poster yang dihasilkan
|
Tugas.
membuat
ringkasan
tentang menggambar poster
Observasi
format
pengamatan skala sikap
Produk
Gambar
Poster
|
5 JP
|
religius, disiplin, bertanggung jawab dan gotong royong.
|
·
Buku
Paket Seni Budaya Kelas VIII
·
Buku-buku
lain yang relevan
·
Informasi
melalui internet
·
Pameran
karya seni Rupa
|
3.4 Memahami prosedur menggambar
komik dengan berbagai teknik
4.4.
Menggambar komik dengan berbagai
teknik
|
·
Teknik
gambar
komik
·
Pembuatan gambar komik dengan
berbagai teknik
|
·
Mengamati dan mendeskripsikan gambar
komik
·
Mendiskusikan prosedur dan teknik
menggambar komik
·
Menggambar komik dengan berbagai
teknik
|
Tugas.
membuat ringkasan tentang menggambar
komik
Observasi
format
pengamatan skala sikap
Produk
Gambar komik
|
5 JP
|
religius, disiplin, bertanggung jawab dan gotong royong.
|
·
Buku
Paket Seni Budaya Kelas VIII
·
Buku-buku
lain yang relevan
·
Informasi
melalui internet
·
Pameran
karya seni Rupa
|
* kolom nilai karakter dimaksudkan untuk
membantu guru dalam menganalisis nilai karakter yang bisa dikembangkan dalam KD
dan materi yang bersangkutan. Tetapi nilai karakter tidakperlu dituliskan pada materi
pokok RPP.
Silabus SENI MUSIK KELAS VIII
Alokasi waktu : 3 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Inti
KI.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya (indirect teaching)
KI.2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, Negara, dan
kawasan regional. (indirect teaching)
KI.3 Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya 3terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4 Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Nilai-Nilai Karakter
|
Sumber Belajar
|
|
3.1. Memahami teknik dan gaya menyanyi
lagu-lagu daerah
|
●Lagu daerah
(setempat atau daerah lain)
|
· Menyanyikan lagu daerah setempat dengan
bimbingan guru
· Mengidentifikasi makna dan keunikan lagu
daerah setempat.
· Mengamati dan mengidentifikasi penyajian
beberapa lagu daerah lain
· Menyimpulkan hubungan antara keunikan lagu
daerah yang telah dipelajari dengan masyarakat pendukungnya
|
Unjuk Kerja
·
Menyanyikan lagu
daerah
·
Menyanyikan lagu
tradisi
|
2 JP
|
religius, disiplin, bertanggung jawab dan gotong royong.
|
Buku Lagu Wajib
lagu Nasional, Daerah dan Populer
Buku
Paket Seni Budaya Kelas VIII
|
|
4.1. Menyanyikan lagu-lagu daerah yang sesuai dengan teknik, gaya, dan dialektika atau intonasi
kedaerahan
|
●Lagu daerah
(setempat atau daerah lain)
·
Teknik menyanyi Lagu
Daerah
|
· Mengekspresikan lagu daerah sesuai makna
lagunya
· Mempresentasikan kesimpulan tentang teknik dan gaya
menyanyi lagu daerah
|
Unjuk Kerja
·
Menyanyikan lagu
daerah
·
Menyanyikan lagu
tradisi
|
2 JP
|
religius, disiplin, bertanggung jawab dan gotong royong.
|
Acara musik di
radio dan TV
DVD, VCD
|
|
3.2 Memahami
teknik dan gaya lagu daerah dengan dua suara atau lebih secara berkelompok
4.2 Menyanyikan
lagu-lagu daerah dengan dua suara atau lebih secara berkelompok
|
● Lagu daerah dalam dua suara atau lebih
·
Teknik menyanyikan lagu
daerah dengan dua suara
|
• Mengidentifikasi
karakteristik pembagian suara dalam lagu daerah (setempat atau daerah lain)
yang diperdengarkan/ditayangkan/disajikan.
• Menyanyikan
lagu daerah (setempat atau daerah lain) dalam dua bagian suara atau lebih
• Menyimpulkan
pengetahuan tentang teknik
menyanyikan lagu daerah dalam dua suara atau lebih secara berkelompok.
|
Unjuk Kerja
·
Menyanyikan
lagu secara kelompok daerah
·
Menyanyikan lagu
tradisi
|
4 JP
|
religius, disiplin, bertanggung jawab dan gotong royong.
|
Buku Lagu Wajib
lagu Nasional, Daerah dan Populer
Buku
Paket Seni Budaya Kelas VIII
DVD, VCD
|
|
3.3.Memahami
teknik memainkan salah satu alat
musik tradisional secara perorangan
4.3 Memainkan salah
satu alat musik tradisional secara perorangan
|
● Teknik memainkan alat
musik tradisional secara perorangan
|
·
Menyimak dan
mengidentifikasi tehnik, karakter suara, serta bagian- bagian alat musik tradisional yang dimainkan secara perorangan
• Memaparkan kesimpulan yang
diperoleh tentang teknik memainkan
salah satu alat musik tradisional secara perorangan
·
Berlatih memainkan
salah satu alat musik tradisional
• Menampilkan permainan alat musik
tradisional secara perorangan
·
Menilai penampilan
teman dalam memainkan alat musik tradisional secara kelompok
|
Produk
· Iringan alat musik tradisional secara perorangan
Unjuk Kerja
· Bermain Musik ritmis
· Bermain musik melodis
secara perorangan
|
5 JP
|
religius, disiplin, bertanggung jawab dan gotong royong.
|
Buku Lagu Wajib
lagu Nasional, Daerah dan Populer
Buku
Paket Seni Budaya Kelas VIII
Acara musik di
radio dan TV
DVD, VCD
|
|
3.4.Memahami teknik memainkan alat-alat musik
tradisional secara berkelompok
4.4.Memainkan alat-alat musik tradisional secara
berkelompok
|
● Teknik memainkan alat musik tradisional
secara berkelompok
|
• Mengamati, menyaksikan permainan alat musik tradisional secara
berkelompok
• Mengidentifikasi teknik memainkan
alat musik tradisional secara berkelompok
• Mengeksplorasi bunyi alat musik
tradisional secara berkelompok
• Berkreasi memainkan alat musik tradisional secara
berkelompok
• Memainkan alat musik tradisional
dalam kelompok
• Menampilkan pertunjukan permainan
alat musik tradisional secara berkelompok
|
Produk
· Iringan alat musik tradisional secara kelompok
Unjuk Kerja
· Bermain Musik ritmis
· Bermain musik melodis
secara kelompok
|
5 JP
|
religius, disiplin, bertanggung jawab dan gotong royong.
|
Buku Lagu Wajib
lagu Nasional, Daerah dan Populer
Buku
Paket Seni Budaya Kelas VIII
Acara musik di
radio dan TV
DVD, VCD
|
|
* kolom nilai karakter dimaksudkan untuk
membantu guru dalam menganalisis nilai karakter yang bisa dikembangkan dalam KD
dan materi yang bersangkutan. Tetapi nilai karakter tidakperlu dituliskan pada
materi pokok RPP.
Silabus SENI TARI KELAS VIII
Alokasi waktu :
3 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Inti
KI.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya (indirect teaching)
KI.2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, Negara, dan
kawasan regional. (indirect teaching)
KI.3 Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya 3terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4 Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Nilai-Nilai Karakter
|
Sumber Belajar
|
3.1 Memahami keunikan gerak tari tradisional dengan
menggunakan unsur pendukung tari
|
·
Gerak tari tradisional
·
Keunikan gerak dan unsur pendukung tari tradisional (property)
|
·
Melihat guru atau mengamati tayangan gerak tari berdasarkan keunikan gerak tari
tradisional dengan menggunakan unsur pendukung tari
·
Mendiskusikan dan melakukan latihan merangkai ragam
gerak tari tradisional dengan menggunakan unsur pendukung tari
|
Produk
·
Membuat ringkasan tentang keunikan ragam tari tradisional berdasarkan pola lantai
|
4 JP
|
religius, disiplin, bertanggung jawab dan gotong royong.
|
Buku
teks pelajaran seni budaya kelas VIII
|
4.1 Memeragakan tari
tradisional dengan menggunakan unsur pendukung tari
|
·
Peragaan tari tradisional dengan menggunakan unsur
pendukung tari (property)
|
·
Menampilkan karya tari tradisional dengan menggunakan
unsur pendukung tari
|
Unjuk Kerja
· mempergelarkan tari tradisonal berdasarkan pola
lantai
|
4 JP
|
religius,
disiplin, bertanggung jawab dan gotong royong.
|
Buku
teks pelajaran seni budaya kelas VIII
Media cetak
dan elektronik
|
3.2 Memahami tari tradisional dengan menggunakan unsur
pendukung tari sesuai iringan
4.2 Meragakan
tari tradisional dengan menggunakan unsur pendukung tari
sesuai iringan
|
·
Iringan tari tradisional
·
Unsur pendukung tari tradisional
(tata rias)
·
Peragaan tari tradisional dengan menggunakan unsur pendukung tari
(tata rias) sesuai iringan
|
·
Mengamati tayangan
keunikan gerak tari tradisional
menggunakan unsur pendukung tari melalui media sesuai iringan
·
Melihat guru meragakan gerak tari tradisional
menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan
·
Mendengarkan musik
iringan tari tradisional
·
Mendiskusikan dan
melakukan latihan merangkai berbagai keunikan ragam gerak tari tradisonal
menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan
·
Menampilkan karya tari tradisional menggunakan unsur
pendukung tari sesuai iringan
·
Mempresentasikan hasil penampilan tari tradisional menggunakan unsur pendukung
tari sesuai iringan secara lisan dan tertulis
|
Unjuk Kerja
· Menampilkan karya tari tradisional berdasarkan
pola lantai
· Menampilkan tari tradisional menggunakan
unsur pendukung tari sesuai iringan secara lisan dan tertulis
|
4 JP
|
religius, disiplin, bertanggung jawab dan gotong royong.
|
Buku
teks pelajaran seni budaya kelas VIII
Media cetak
dan elektronik
|
3.3 Memahami
penerapan pola lantai dan unsur
pendukung gerak tari tradisional
4.3 Meragakan cara
menerapkan gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan
unsur pendukung tari
|
·
Pola lantai pada
gerak tari tradisional
·
Unsur pendukung tari tradisional (panggung)
·
Peragaan pola lantai pada gerak
tari tradisional menggunakan unsur pendukung tari (panggung) sesuai
dengan iringan
|
·
Mengamati tayangan
gerak tari tradisonal berdasarkan
pola lantai dan unsur pendukungnya melalui media
· Mendiskusikan dan melakukan
latihan merangkai berbagai ragam
gerak tari tradisonal berdasarkan pola lantai dan unsur pendukung tari
·
Menampilkan karya
tari tradisional berdasarkan pola lantai
dengan menggunakan unsur pendukung tari
·
Mempresentasikan hasil penampilan tari tradisional berdaPsarkan pola
lantai dengan menggunakan unsur
pendukung tari secara lisan dan tertulis
|
religius, disiplin, bertanggung jawab dan gotong royong.
|
|||
3.4 Memahami
penerapan pola lantai dan gerak tari
tradisional berdasarkan unsur pendukung tari sesuai iringan
4.4 Memeragakan gerak
tari tradisional berdasarkan pola
lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan
|
·
Pola lantai tari
tradisional
·
Unsur pendukung tari tradisional (property,
tata rias dan panggung) pendukung tari
·
Peragaan gerak tari
tradisional berdasarkan pola lantai
menggu-nakan unsur pendukung tari (property,
tata rias dan panggung) sesuai iringan
|
·
Mengamati tayangan
gerak tari tradisonal berdasarkan
pola lantai sesuai iringan
·
Mendengarkan beberapa
musik iringan tari tradisonal
· Mencari contoh dan melakukan
latihan merangkai berbagai ragam
gerak tari tradisonal berdasarkan pola lantai sesuai iringan
· Mendiskusikan ragam gerak tari
tradisonal berdasarkan pola lantai dan unsur pendukung tari sesuai iringan
· Menampilkan karya tari
tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari
sesuai iringan
· Menampilkan hasil penampilan tari tradisional berdasarkan
pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan
secara lisan dan tertulis
|
religius, disiplin, bertanggung jawab dan gotong royong.
|
* kolom nilai karakter dimaksudkan untuk
membantu guru dalam menganalisis nilai karakter yang bisa dikembangkan dalam KD
dan materi yang bersangkutan. Tetapi nilai karakter tidakperlu dituliskan pada
materi pokok RPP.
Silabus SENI TEATER KELAS VIII
Alokasi waktu :
3 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Inti
KI.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya (indirect teaching)
KI.2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, Negara, dan
kawasan regional. (indirect teaching)
KI.3 Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya 3terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4 Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Nilai-Nilai Karakter
|
Sumber Belajar
|
3.1. Memahami konsep,
teknik dan prosedur dasar seni peran sesuai kaidah pementasan Pantomim
4.1. Meragakan gerak pantomim sesuai
konsep, teknik dan prosedur seni peran.
|
·
Teknik Dasar Pantomim
·
Peragaan Gerak Pantomim sesuai konsep, teknik dan
prosedur seni peran.
|
·
Melakukan pengamatan dan mengidentifikasi teknik dan prosedur seni peran
sesuai kaidah pementasan Pantomim melalui berbagai media dan sumber belajar
·
Melakukan latihan olah tubuh, olah rasa dan mimik
·
Memeragakan gerak dasar Pantomim seperti ekspresi gerak (makan,
berjalan, membaca), ekspresi mimik (sedih, marah, kecewa) dll sesuai konsep, teknik dan prosedur seni
peran secara perorangan maupun kelompok
|
Produk
Membuat ringkasan tentang keunikan teknik olah
tubuh, olah suara dan olah rasa yang bersumber pada teater tradisional
Unjuk Kerja
mempergelarkan teknik bermain
teater tradisional
|
4
JP
|
religius, disiplin, bertanggung jawab dan gotong royong.
|
Buku Teks Pelajaran seni budaya kelas VIII
|
3.2. Memahami teknik
menyusun naskah sesuai kaidah pementasan Pantomim
4.2. Menyusun naskah
sesuai kaidah pementasan Pantomim
|
·
Konsep/naskah Pantomim
·
Penyusunan naskah sesuai kaidah
pementasan Pantomim
|
·
Mengamati dan/atau membaca serta mendiskusikan teknik penyusunan naskah
(konsep) Pantomim sesuai kaidah pementasan dari berbagai media dan sumber
belajar.
·
Menyusun naskah (konsep pementasan) sesuai kaidah pementasan Pantomim
·
Mempresentasikan naskah (konsep pementasan) Pantomim yang telah disusun
secara perorangan atau kelompok.
|
Produk
· Membuat kritik
seni secara sederhana maksimum 200
kata tentang teater tradisional
Unjuk Kerja
· mempergelarkan
teater tradisional sesuai dengan naskah yang dibuatnya
|
religius, disiplin, bertanggung jawab dan gotong royong.
|
Buku Teks Pelajaran seni budaya kelas VIII
Anirun, Suyatna.
2002. Menjadi Sutradara. Bandung:
STSI PRESS.
VCD pertunjukan teater
|
|
3.3. Memahami
perancangan pementasan Pantomim sesuai konsep, teknik dan prosedur.
4.3. Merancang pementasan Pantomim sesuai konsep, teknik
dan prosedur
|
·
Rancangan pementasan Pantomim
·
Pembuatan rancangan pementasan Pantomim sesuai konsep, teknik
dan prosedur
|
·
Melakukan pengamatan dan mendiskusikan konsep, teknik dan prosedur
rancangan pementasan Pantomim dari berbagai sumber belajar dan media
·
Merancang pementasan Pantomim sesuai konsep, teknik dan prosedur
·
Menampilkan hasil rancangan pementasan Pantomim secara individu atau
kelompok
|
Produk
·
Membuat ringkasan tentang teknik rancangan pertunjukan Pantomim
Unjuk Kerja
· mempergelarkan rancangan
pertunjukan Pantomim dengan menggunakan unsur pendukung
teater
|
5 JP
|
religius, disiplin, bertanggung jawab dan gotong royong.
|
Buku Teks Pelajaran seni budaya kelas VIII
.
VCD pertunjukan teater
Ensiklopedia teater
Indonesia
|
3.4. Memahami pementasan
Pantomim sesuai konsep, teknik dan
prosedur.
4.4. Mementaskan
Pantomim sesuai konsep, teknik dan prosedur.
|
·
Konsep, teknik dan prosedur Pementasan
Pantomim
·
Pementasan Pantomim sesuai konsep, teknik dan
prosedur.
|
·
Melakukan pengamatan dan mendiskusikan konsep, teknik dan prosedur
pementasan Pantomim
·
Melakukan latihan pementasan Pantomim sesuai naskah (konsep) yang telah
disusun
·
Menampilkan pementasan Pantomim sesuai
konsep, teknik dan prosedur pementasan
|
Produk
·
Membuat kritik
seni secara sederhana maksimum 200 kata
tentang pantomim berdasarkan tema
Unjuk Kerja
·
mempergelarkan pertunjukan pantomim berdasarkan tema dengan
menggunakan unsur pendukung
|
5
JP
|
religius, disiplin, bertanggung jawab dan gotong royong.
|
Buku Teks Pelajaran seni budaya kelas VIII
Anirun, Suyatna. 2002. Menjadi
Sutradara. Bandung: STSI PRESS.
VCD pertunjukan teater
Ensiklopedia teater Indonesia
|
* kolom nilai karakter dimaksudkan untuk
membantu guru dalam menganalisis nilai karakter yang bisa dikembangkan dalam KD
dan materi yang bersangkutan. Tetapi nilai karakter tidakperlu dituliskan pada
materi pokok RPP.
Inspirasi Model Pembelajaran
Jenjang SMP/MTs Dalam inspirasi model pembelajaran dijelaskan latar belakang
tiap mata pelajaran, tujuan yang ingin dicapai, ruang lingkup materi yang akan
dipelajari, dan sasaran pengguna tiap pelajaran. Karakteristik mata pelajaran
menguraikan rasional, tujuan, dan ruang lingkup. Desain pembelajaran
menjelaskan pendekatan, strategi dan metode, model, rencana pelaksanaan
pembelajaran. Penilaian menyajikan penilaian sikap, pengetahuan, dan
keterampilan. Media dan sumber belajar menguraikan media pembelajaran, dan
sumber belajar serta guru mata pelajaran dalam pembelajaran abad ke-21.
Hubungan Fungsional Kemampuan
Belajar Peserta Didik dengan Profil dan Peran Guru Abad 21 untuk Mata Pelajaran
Seni Budaya
0 komentar:
Posting Komentar