Minggu, 10 Maret 2019

Silabus Mapel seni Budaya

Pengembangan Silabus Mata Pelajaran Seni Budaya Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2018

Silabus SENI RUPA KELAS VIII

Kelas                    : VIII
Alokasi waktu       :  3 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Inti
KI.1    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya (indirect teaching)
KI.2    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, Negara, dan kawasan regional. (indirect teaching)
KI.3    Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya 3terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4    Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Nilai-Nilai Karakter
Sumber Belajar
3.1        Memahami unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar menggunakan model dengan berbagai bahan


·   Unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar model dengan berbagai bahan
·   Pembuatan gambar model dengan berbagai bahan dan teknik berdasarkan pengamatan
·         Mengidentifikasi gambar-gambar yang menggunakan model
·         Menggambar model dengan memperhatikan unsur, prinsip, teknik dan media
·         Mendeskripsikan unsur, prinsip  dan teknik dalam menggambar model
·         Mempresentasikan  karya-karya  yang dikerjakan    

Tugas.
membuat  ringkasan tentang gambar model pada berbagai bahan dan beragam teknik
2 JP
religius, disiplin, bertanggung jawab dan gotong royong.

·      Buku Paket Seni Budaya Kelas VIII
·      Buku-buku lain yang relevan


4.1        Menggambar menggunakan model dengan berbagai bahan dan teknik berdasarkan pengamatan
·   Unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar model dengan berbagai bahan
·   Pembuatan gambar model dengan berbagai bahan dan teknik berdasarkan pengamatan
·         Mengidentifikasi gambar-gambar yang menggunakan model
·         Menggambar model dengan memperhatikan unsur, prinsip, teknik dan media
·         Mendeskripsikan unsur, prinsip  dan teknik dalam menggambar model
·         Mempresentasikan  karya-karya  yang dikerjakan    

Observasi
format  pengamatan skala sikap 

Produk
gambar model pada berbagai bahan dan beragam teknik

2 JP
religius, disiplin, bertanggung jawab dan gotong royong.

·      Informasi melalui internet
·      Pameran karya seni Rupa

3.2        Memahami prosedur menggambar illustrasi dengan teknik manual atau digital

4.2        Menggambar illustrasi dengan teknik manual atau digital
·   Gambar illustrasi dengan teknik manual atau digital



·   Pembuatan gambar illustrasi dengan teknik manual atau digital

·         Mengamati gambar ilustrasi  dengan beragam teknik  melalui media cetak dan elektronik
·         Menggambar ilustrasi dengan teknik manual/digital
·         Membandingkan  gambar ilustrasi  berdasarkan ide cerita dan teknik berkaryanya
·         Mempresentasikan dan menunjukkan hasil gambar ilustrasi dalam bentuk pameran
Tugas.
membuat  kritik seni secara sederhana minimum  200 kata tentang gambar illustrasi dengan teknik manual atau digital
Observasi
format    pengamatan skala sikap 
Produk
gambar illustrasi dengan teknik manual atau digital
4 JP
religius, disiplin, bertanggung jawab dan gotong royong.

·      Buku Paket Seni Budaya Kelas VIII
·      Buku-buku lain yang relevan
·      Informasi melalui internet
·      Pameran karya seni Rupa

3.3 Memahami prosedur menggambar poster dengan berbagai teknik

4.3      Menggambar poster dengan berbagai bahan dan teknik

·   Teknik gambar poster



·   Pembuatan gambar poster dengan berbagai bahan dan teknik

·         Mengamati dan mendeskripsikan contoh-contoh gambar poster
·         Mendiskusikan dan bereksperimen dengan beragam teknik dan media menggambar poster
·         Menggambar poster dengan berbagai teknik
·         Mengungkapkan kembali prosedur dan fungsi gambar poster
·         Mempresentasikan gambar poster yang dihasilkan
Tugas.
membuat  ringkasan  tentang menggambar poster
Observasi
format  pengamatan skala sikap 
Produk
Gambar Poster
5 JP
religius, disiplin, bertanggung jawab dan gotong royong.

·      Buku Paket Seni Budaya Kelas VIII
·      Buku-buku lain yang relevan
·      Informasi melalui internet
·      Pameran karya seni Rupa

3.4  Memahami prosedur menggambar komik dengan berbagai teknik
4.4.        Menggambar komik dengan berbagai teknik
·   Teknik gambar komik


·   Pembuatan gambar komik dengan berbagai teknik
·         Mengamati dan mendeskripsikan gambar komik
·         Mendiskusikan prosedur dan teknik menggambar komik
·         Menggambar komik dengan berbagai teknik
·         Mempresentasikan karya  komik yang dikerjakan
Tugas.
membuat  ringkasan  tentang menggambar komik
Observasi
format  pengamatan skala sikap 
Produk
Gambar komik
5 JP
religius, disiplin, bertanggung jawab dan gotong royong.

·      Buku Paket Seni Budaya Kelas VIII
·      Buku-buku lain yang relevan
·      Informasi melalui internet
·      Pameran karya seni Rupa

* kolom nilai karakter dimaksudkan untuk membantu guru dalam menganalisis nilai karakter yang bisa dikembangkan dalam KD dan materi yang bersangkutan. Tetapi nilai karakter tidakperlu dituliskan pada materi pokok RPP.

Silabus SENI MUSIK KELAS VIII

Alokasi waktu       :  3 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Inti
KI.1    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya (indirect teaching)
KI.2    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, Negara, dan kawasan regional. (indirect teaching)
KI.3    Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya 3terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4    Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Nilai-Nilai Karakter
Sumber Belajar
3.1. Memahami teknik dan gaya menyanyi lagu-lagu  daerah






●Lagu daerah 
  (setempat atau daerah lain)

·      Menyanyikan lagu daerah setempat dengan bimbingan guru
·      Mengidentifikasi makna dan keunikan lagu daerah setempat.
·      Mengamati dan mengidentifikasi penyajian beberapa lagu daerah lain
·      Menyimpulkan hubungan antara keunikan lagu daerah yang telah dipelajari dengan masyarakat pendukungnya

Unjuk Kerja
·    Menyanyikan lagu daerah
·   Menyanyikan lagu tradisi 
                                                

2 JP
religius, disiplin, bertanggung jawab dan gotong royong.

Buku Lagu Wajib      lagu Nasional,  Daerah dan Populer

Buku Paket Seni Budaya Kelas VIII
4.1. Menyanyikan lagu-lagu  daerah yang sesuai dengan teknik,  gaya, dan dialektika atau intonasi kedaerahan

●Lagu daerah 
  (setempat atau daerah lain)
·   Teknik menyanyi Lagu Daerah


·      Mengekspresikan lagu daerah sesuai makna lagunya
·      Mempresentasikan kesimpulan tentang teknik dan gaya menyanyi lagu daerah
Unjuk Kerja
·    Menyanyikan lagu daerah
·   Menyanyikan lagu tradisi 
                                                

2 JP
religius, disiplin, bertanggung jawab dan gotong royong.

Acara  musik di radio dan TV

DVD, VCD
3.2 Memahami teknik dan gaya lagu daerah dengan dua suara atau lebih secara berkelompok

4.2     Menyanyikan lagu-lagu daerah dengan dua suara atau lebih secara berkelompok

Lagu daerah dalam      dua suara atau lebih
·   Teknik menyanyikan lagu daerah dengan dua suara
  Mengidentifikasi karakteristik pembagian suara dalam lagu daerah (setempat atau daerah lain) yang diperdengarkan/ditayangkan/disajikan.
  Menyanyikan lagu daerah (setempat atau daerah lain) dalam dua bagian suara atau lebih
  Menyimpulkan pengetahuan tentang teknik menyanyikan lagu daerah dalam dua suara atau lebih secara berkelompok.

Unjuk Kerja
·     Menyanyikan lagu  secara kelompok daerah
·     Menyanyikan lagu tradisi 
                                                

4 JP
religius, disiplin, bertanggung jawab dan gotong royong.

Buku Lagu Wajib      lagu Nasional,  Daerah dan Populer

Buku Paket Seni Budaya Kelas VIII
DVD, VCD
3.3.Memahami teknik  memainkan salah satu alat musik tradisional secara perorangan

4.3 Memainkan salah satu alat musik tradisional secara perorangan
Teknik memainkan alat musik tradisional secara perorangan


·      Menyimak dan mengidentifikasi tehnik, karakter suara, serta bagian- bagian alat musik tradisional yang dimainkan secara perorangan
    Memaparkan kesimpulan yang diperoleh tentang teknik  memainkan salah satu alat musik tradisional secara perorangan
·      Berlatih memainkan salah satu alat musik tradisional
    Menampilkan permainan alat musik tradisional secara perorangan
·      Menilai penampilan teman dalam memainkan alat musik tradisional secara kelompok
Produk
·      Iringan alat musik tradisional secara perorangan 
Unjuk Kerja
·      Bermain Musik ritmis
·      Bermain musik melodis
secara perorangan

5 JP
religius, disiplin, bertanggung jawab dan gotong royong.

Buku Lagu Wajib      lagu Nasional,  Daerah dan Populer
Buku Paket Seni Budaya Kelas VIII
Acara  musik di radio dan TV

DVD, VCD
3.4.Memahami teknik memainkan alat-alat musik tradisional secara berkelompok

4.4.Memainkan alat-alat musik tradisional secara berkelompok
  Teknik memainkan alat musik tradisional secara berkelompok
      Mengamati, menyaksikan  permainan alat musik tradisional secara berkelompok
      Mengidentifikasi teknik memainkan alat musik tradisional secara berkelompok
      Mengeksplorasi bunyi alat musik tradisional secara berkelompok
      Berkreasi  memainkan alat musik tradisional secara berkelompok 
      Memainkan alat musik tradisional dalam kelompok
      Menampilkan pertunjukan permainan alat musik tradisional secara berkelompok 
Produk
·      Iringan alat musik tradisional secara kelompok 
Unjuk Kerja
·      Bermain Musik ritmis
·      Bermain musik melodis
secara kelompok

5 JP
religius, disiplin, bertanggung jawab dan gotong royong.

Buku Lagu Wajib      lagu Nasional,  Daerah dan Populer

Buku Paket Seni Budaya Kelas VIII
Acara  musik di radio dan TV

DVD, VCD










* kolom nilai karakter dimaksudkan untuk membantu guru dalam menganalisis nilai karakter yang bisa dikembangkan dalam KD dan materi yang bersangkutan. Tetapi nilai karakter tidakperlu dituliskan pada materi pokok RPP.



Silabus SENI TARI KELAS VIII

Alokasi waktu       :  3 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Inti
KI.1    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya (indirect teaching)
KI.2    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, Negara, dan kawasan regional. (indirect teaching)
KI.3    Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya 3terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4    Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Nilai-Nilai Karakter
Sumber Belajar
3.1 Memahami  keunikan gerak tari tradisional dengan menggunakan unsur pendukung tari
·      Gerak tari tradisional
·      Keunikan gerak dan unsur pendukung tari tradisional (property)


·     Melihat guru atau mengamati tayangan  gerak tari berdasarkan keunikan gerak tari tradisional dengan menggunakan unsur pendukung tari
·     Mendiskusikan dan melakukan latihan merangkai ragam gerak tari tradisional dengan menggunakan unsur pendukung tari
Produk
·     Membuat  ringkasan tentang keunikan ragam  tari tradisional  berdasarkan pola lantai


4 JP
religius, disiplin, bertanggung jawab dan gotong royong.

Buku teks pelajaran seni budaya kelas VIII

4.1 Memeragakan tari tradisional dengan menggunakan unsur pendukung tari
·      Peragaan tari tradisional dengan menggunakan unsur pendukung tari (property)
·      Menampilkan karya tari tradisional dengan menggunakan unsur pendukung tari
Unjuk Kerja
·      mempergelarkan tari tradisonal berdasarkan pola lantai


4 JP
religius, disiplin, bertanggung jawab dan gotong royong.

Buku teks pelajaran seni budaya kelas VIII

Media cetak dan elektronik
3.2 Memahami tari tradisional dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan
4.2 Meragakan tari   tradisional  dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan
·      Iringan tari tradisional
·      Unsur pendukung tari tradisional (tata rias)
·      Peragaan tari   tradisional  dengan menggunakan unsur pendukung tari (tata rias) sesuai iringan
·     Mengamati tayangan keunikan  gerak tari tradisional menggunakan unsur pendukung tari melalui media sesuai iringan
·     Melihat  guru meragakan gerak tari tradisional menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan
·     Mendengarkan musik iringan tari tradisional 
·     Mendiskusikan dan melakukan latihan merangkai berbagai keunikan ragam gerak tari tradisonal menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan
·     Menampilkan   karya tari tradisional menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan
·     Mempresentasikan hasil penampilan tari tradisional menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan secara lisan dan tertulis
Unjuk Kerja
·      Menampilkan   karya tari tradisional berdasarkan pola lantai
·      Menampilkan tari tradisional menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan secara lisan dan tertulis


4 JP
religius, disiplin, bertanggung jawab dan gotong royong.

Buku teks pelajaran seni budaya kelas VIII

Media cetak dan elektronik
3.3 Memahami penerapan pola lantai  dan unsur pendukung gerak tari tradisional
4.3 Meragakan cara menerapkan gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari
·        Pola lantai pada gerak tari tradisional
·        Unsur pendukung tari tradisional (panggung)
·        Peragaan pola lantai pada gerak tari tradisional menggunakan unsur pendukung tari (panggung) sesuai dengan iringan
·    Mengamati tayangan gerak tari tradisonal  berdasarkan pola lantai dan unsur pendukungnya melalui media
·     Mendiskusikan dan melakukan latihan merangkai berbagai  ragam gerak tari tradisonal berdasarkan pola lantai dan unsur pendukung tari
·   Menampilkan karya tari tradisional berdasarkan pola lantai  dengan menggunakan unsur pendukung tari
·   Mempresentasikan hasil penampilan tari tradisional berdaPsarkan pola lantai  dengan menggunakan unsur pendukung tari secara lisan dan tertulis


religius, disiplin, bertanggung jawab dan gotong royong.


3.4 Memahami penerapan pola lantai dan  gerak tari tradisional berdasarkan unsur pendukung tari sesuai  iringan 
4.4 Memeragakan gerak tari tradisional  berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan
·      Pola lantai tari tradisional
·      Unsur pendukung tari tradisional (property, tata rias dan panggung) pendukung tari
·      Peragaan gerak tari tradisional  berdasarkan pola lantai menggu-nakan unsur pendukung tari (property, tata rias dan panggung) sesuai iringan

·    Mengamati tayangan gerak tari tradisonal  berdasarkan pola lantai sesuai iringan
·    Mendengarkan beberapa musik iringan tari tradisonal
·     Mencari contoh dan melakukan latihan merangkai berbagai  ragam gerak tari tradisonal berdasarkan pola lantai sesuai iringan
·     Mendiskusikan ragam gerak tari tradisonal berdasarkan pola lantai dan unsur pendukung tari sesuai iringan
·     Menampilkan karya tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan
·     Menampilkan hasil penampilan tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan secara lisan dan tertulis


religius, disiplin, bertanggung jawab dan gotong royong.



* kolom nilai karakter dimaksudkan untuk membantu guru dalam menganalisis nilai karakter yang bisa dikembangkan dalam KD dan materi yang bersangkutan. Tetapi nilai karakter tidakperlu dituliskan pada materi pokok RPP.




Silabus SENI TEATER KELAS VIII

Alokasi waktu       :  3 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Inti
KI.1    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya (indirect teaching)
KI.2    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, Negara, dan kawasan regional. (indirect teaching)
KI.3    Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya 3terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4    Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Nilai-Nilai Karakter
Sumber Belajar
3.1. Memahami konsep, teknik dan prosedur dasar seni peran sesuai kaidah pementasan Pantomim
4.1.       Meragakan gerak pantomim sesuai konsep, teknik dan prosedur seni peran.
·        Teknik Dasar Pantomim

·        Peragaan Gerak Pantomim sesuai konsep, teknik dan prosedur seni peran.
·        Melakukan pengamatan dan mengidentifikasi teknik dan prosedur seni peran sesuai kaidah pementasan Pantomim melalui berbagai media dan sumber belajar
·        Melakukan latihan olah tubuh, olah rasa dan mimik
·        Memeragakan gerak dasar Pantomim seperti ekspresi gerak (makan, berjalan, membaca), ekspresi mimik (sedih, marah, kecewa) dll  sesuai konsep, teknik dan prosedur seni peran secara perorangan maupun kelompok
Produk
Membuat  ringkasan tentang keunikan teknik olah tubuh, olah suara dan olah rasa yang bersumber pada teater tradisional
Unjuk Kerja
mempergelarkan teknik bermain teater tradisional 
4 JP
religius, disiplin, bertanggung jawab dan gotong royong.

Buku Teks Pelajaran seni budaya kelas VIII

3.2. Memahami teknik menyusun naskah sesuai kaidah pementasan Pantomim
4.2. Menyusun naskah sesuai kaidah pementasan  Pantomim
·        Konsep/naskah Pantomim

·        Penyusunan naskah sesuai kaidah pementasan  Pantomim

·         Mengamati dan/atau membaca serta mendiskusikan teknik penyusunan naskah (konsep) Pantomim sesuai kaidah pementasan dari berbagai media dan sumber belajar.
·         Menyusun naskah (konsep pementasan) sesuai kaidah pementasan Pantomim
·         Mempresentasikan naskah (konsep pementasan) Pantomim yang telah disusun secara perorangan atau kelompok.
Produk
·      Membuat  kritik seni secara sederhana maksimum  200 kata tentang teater tradisional
Unjuk Kerja
·   mempergelarkan  teater tradisional sesuai dengan naskah yang dibuatnya

religius, disiplin, bertanggung jawab dan gotong royong.

Buku Teks Pelajaran seni budaya kelas VIII
Anirun, Suyatna. 2002. Menjadi Sutradara. Bandung: STSI PRESS.
VCD pertunjukan teater
3.3.  Memahami  perancangan pementasan Pantomim sesuai konsep, teknik dan prosedur.
4.3. Merancang  pementasan Pantomim sesuai konsep, teknik dan prosedur
·        Rancangan  pementasan Pantomim
·        Pembuatan rancangan  pementasan Pantomim sesuai konsep, teknik dan prosedur
·         Melakukan pengamatan dan mendiskusikan konsep, teknik dan prosedur rancangan pementasan Pantomim dari berbagai sumber belajar dan media
·         Merancang pementasan Pantomim sesuai konsep, teknik dan prosedur
·         Menampilkan hasil rancangan pementasan Pantomim secara individu atau kelompok
Produk
·      Membuat  ringkasan tentang teknik rancangan pertunjukan Pantomim
Unjuk Kerja
·       mempergelarkan rancangan pertunjukan Pantomim   dengan menggunakan unsur pendukung teater
5 JP
religius, disiplin, bertanggung jawab dan gotong royong.


Buku Teks Pelajaran seni budaya kelas VIII
.
VCD pertunjukan teater
Ensiklopedia teater Indonesia
3.4. Memahami pementasan Pantomim sesuai konsep, teknik dan prosedur.
4.4. Mementaskan Pantomim   sesuai  konsep, teknik dan prosedur.
·        Konsep, teknik dan prosedur Pementasan Pantomim
·        Pementasan Pantomim sesuai  konsep, teknik dan prosedur.
·         Melakukan pengamatan dan mendiskusikan konsep, teknik dan prosedur pementasan Pantomim
·         Melakukan latihan pementasan Pantomim sesuai naskah (konsep) yang telah disusun
·         Menampilkan pementasan Pantomim sesuai  konsep, teknik dan prosedur pementasan
Produk
·      Membuat  kritik seni secara sederhana maksimum 200 kata  tentang pantomim berdasarkan tema 

Unjuk Kerja
·   mempergelarkan  pertunjukan  pantomim berdasarkan tema  dengan menggunakan unsur pendukung

5 JP
religius, disiplin, bertanggung jawab dan gotong royong.


Buku Teks Pelajaran seni budaya kelas VIII
Anirun, Suyatna. 2002. Menjadi Sutradara. Bandung: STSI PRESS.
VCD pertunjukan teater
Ensiklopedia teater Indonesia
* kolom nilai karakter dimaksudkan untuk membantu guru dalam menganalisis nilai karakter yang bisa dikembangkan dalam KD dan materi yang bersangkutan. Tetapi nilai karakter tidakperlu dituliskan pada materi pokok RPP.
Inspirasi Model Pembelajaran Jenjang SMP/MTs Dalam inspirasi model pembelajaran dijelaskan latar belakang tiap mata pelajaran, tujuan yang ingin dicapai, ruang lingkup materi yang akan dipelajari, dan sasaran pengguna tiap pelajaran. Karakteristik mata pelajaran menguraikan rasional, tujuan, dan ruang lingkup. Desain pembelajaran menjelaskan pendekatan, strategi dan metode, model, rencana pelaksanaan pembelajaran. Penilaian menyajikan penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Media dan sumber belajar menguraikan media pembelajaran, dan sumber belajar serta guru mata pelajaran dalam pembelajaran abad ke-21.
Hubungan Fungsional Kemampuan Belajar Peserta Didik dengan Profil dan Peran Guru Abad 21 untuk Mata Pelajaran Seni Budaya




0 komentar:

Posting Komentar